Pages

Membuat Kaleng di Blender

Pada postingan sebelumnya telah membahas cara membuat objek kupu-kupu di Blender. Sekarang, masih dengan topik yang sama, membuat objek di Blender, tapi kali ini objeknya adalah sebuah keleng.

Bentuk dasar dari objek kaleng yang akan dibuat disini adalah cylinder. Cara membuatnya adalah sebagai berikut. Pertama klik Add pada menu bar, lalu klik Mesh > Cylinder. Selanjutnya, Edit point > Face Select Mod, lalu select permukaan atasnya saja (menggunakan border select).


Lalu, extrude region objek tersebut, klik Mesh > Extrude Region (E) seperti pada gambar di bawah ini.


Perkecil/Perbesar bagian paling atas & bawah sesuai selera agar menyerupai bentuk kaleng yang sesungguhnya (select bagiannya (shift klik kanan), lalu atur pake Scale).


Sekarang memberi gambar pada selimut kaleng. Tekan Ctrl+Tab, pilih Edge, lalu select edge bagian atas dari permukaan tengah, edge bagian bawah dari permukaan tengah dan edge vertikal di permukaan tengah. Setelah itu tekan Ctrl+E, lalu pilih Mark Seam. Agar lebih jelas, berikut tampilannya.


  



Selanjutnya, ubah Mesh Select Mode lagi menjadi Face. Lalu select bagian permukaan yang ingin diberi gambar. Setelah itu, ubah Screen Layout, menjadi UV Editing. Maka tampilannya akan menjadi: 


Selanjutnya, klik “+  New” pada bagian kiri bawah, lalu klik “OK”. Berikutnya, klik UVs, lalu pilih Unwrap (E). Berikutnya lagi, klik Image*, lalu pilih Open Image (Alt+O). Maka gambar yang ingin digunakan untuk menyelimuti permukaan akan tampil.



Atur face (permukaan) yang ingin diberi gambar (pada lembar kerja kiri), dengan menggeser atau memperbesar agar ukuran sesuai gambar. Berikut tampilannya, bila sudah diatur dan bila Screen Layout diubah kembali menjadi Default.



Sekarang pada Material, klik “+  New”. Lalu ke Texture, klik “+  New”, lalu ubah Type menjadi Image or Movie, lalu Open. Balik ke Material lagi, dibawah Option checklist Face Texture dan Face Texture Alpha.


Agar tampil gambar yang menyelimuti kaleng, kembali ke Texture, lalu uncheklist “Texture” seperti gambar dibawah ini.

  
Inilah hasil kalengnya. Tidak sulit bukan? :D

Membuat Kupu-Kupu Hijau di Blender

Berikut akan saya jelaskan cara membuat objek kupu-kupu di Blender dengan menggunakan background image. Sebelum memulai untuk membuat objek di Blender menggunakan background image, terlebih dahulu men-download gambar objek yang ingin dibuat. Dalam tulisan ini, objek tersebut adalah kupu-kupu dan Blender yang digunakan adalah Blender 2.60.


Setelah jendela blender tampil, Dimulai dengan memasukkan background image. Klik tanda tambah (+) di pojok kanan atas, lalu pada bagian background image, centang kotak background image, lalu klik Add Image, setelah itu pilih Open, silakan pilih dan masukkan salah satu gambar yang diinginkan sebagai background image. Setelah itu, maka akan tampil identitas gambar yang menjadi background image.














Berikut tampilan Background Image-nya, jika dilihat dengan View-Camera.


Sekarang mulailah membuat objek kupu-kupu dengan meniru bentuk dari background image kupu-kupu diatas. Gunakan Mesh Cylinder dalam membuat objek tersebut, dengan cara klik Add pada menu bar diatas, selanjutnya pilih Mesh, lalu pilih Cylinder.


Edit vertex-vertex pada cylinder tersebut dengan Edit Mode, sehingga bentuk cylinder tersebut jadi menyerupai kupu-kupu yang sebagai background image tadi.

Setelah salah satu sayap kupu-kupu selesai (sayap kanan), sekarang buat sayap kupu-kupu yang sebelah kiri, dengan cara, klik Add pada bar kiri atas, klik Mesh, lalu klik Add Duplicates (Shift D). Kemudian hasil dari duplikat objek tadi di cerimkan (klik Mesh, Mirror), lalu di rotasikan (klik Mesh, Transform, Rotation (R)) buat sehingga bentuknya pas sebagai sayap kiri dari background image kupu-kupu tersebut.


Sekarang membuat badan kupu-kupu yang terdapat ditengah, diantara kedua sayapnya, dengan cara, klik Add pada bar kiri atas, klik Mesh, pilih UV Shere, lalu atur ukuran dan posisinya agar sesuai dan pas diantara kedua sayap kupu-kupu tersebut.


Tambahkan mata di kedua ujung atas badan kupu-kupu, dengan klik Add pada bar kiri atas, lalu klik Mesh, pilih UV Sphere pula. Setelah itu buat antena kupu-kupu dengan membuat garis lengkung, denga cara klik Add pada bar kiri atas, lalu klik Curve, pilih Bezier.

 
Buat semua bagian tubuh kupu-kupu diatas menjadi lebih halus tampilannya, dengan Smooth. Klik tiap-tiap objek (bagian-bagian tubuh kupu-kupu), lalu klik Smooth yang ada di menu bar kiri bagian Shading.
 
 
Selanjutnya beri warna pada tiap-tiap bagian tubuh kupu-kupu, dengan cara klik bagian tubuh mana yang ingin diberi warna, selanjutnya pilih dan klik Material, lalu klik New.

Selanjutnya atur warna sesuai yang diinginkan. Lakukan hal yang sama untuk bagian-bagian tubuh kupu-kupu yang lain, sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah bila Viewport Shading-nya berjenis Solid. Bila berjenis Textured, maka tampilannya akan seperti ini. Inilah objek kupu-kupu yang dibuat di Blender dengan background image.