Pages

Setelah Sidang Sarjana UG (2013)

Alhamdulillah, sidang sarjana sudah dinyatakan lulus. Sekarang, lanjut ke tahap selanjutnya untuk mengurus urusan-urusan setelah sidang hingga pengambilan ijazah dan transkrip nilai. Apa aja sih yang perlu diurus setelah sidang sarjana?

Yang perlu diurus setelah sidang sarjana (sebelum wisuda), yaitu:
A. TERKAIT KEUANGAN
     1. Bayar Blanko Wisuda (Rp. 850.00. Bagi yang belum membayar semester 9
         (tidak kelebihan BPP))
     3. Bayar Sumbangan Buku Perpustakaan (Blankonya dikasih setelah
         mengurus validasi upload penulisan skripsi)

B. TERKAIT TULISAN SKRIPSI
     1. Revisi Skripsi
     2. Minta Tanda Tangan DP Di Lembar Pengesahan
     3. Hardcover Skripsi
     4. Jurnal Skripsi
     8. Upload Penulisan Skripsi

C. TERKAIT WISUDA
     1. Daftar Wisuda
     2. Pengambilan Toga
     3. Daftar Foto Wisuda
     4. Gladi Resik Wisuda
     5. Wisuda di JCC

D. TERKAIT UG CAREER

E. TERKAIT STLS (SURAT TANDA LULUS SEMENTARA)

Urutan yang diurus setelah sidang sarjana UG (dari pengalaman saya):
Bagi yang belum / tidak membayar semester 9 (tidak kelebihan BPP) dapat segera membayar blanko wisuda (yang dikasih setelah lulus sidang di hari H sidang) ke Bank DKI sebesar Rp. 850.000 (waktu angkatan saya). Sedangkan, bagi yang sudah membayar semester 9 tidak perlu lagi membayar blanko wisuda (karena uang semester 9 dialihkan ke bayar wisuda, dan sisa kelebihannya diurus nanti setelah wisuda). Jadi dapat langsung mengurus bebas keuangan kedua.

(Back)


Bebas Keuangan Kedua

Bebas keuangan diurus di loket keuangan, D41 no 25-28. Jadwal loket keuangan kampus D, sebagai berikut:
Pengecekan uang kuliah:
Senin, Selasa      : 09.30 – 11.30
Rabu, Jum’at : 09.30 – 11.30 dan 13.30 – 14.30
Kamis                 : 13.30 – 14.30

Untuk mengurus bebas keuangan kedua, cukup membawa:

- Surat Pengecekan Pembayaran Uang Kuliah (Surat Bebas Keuangan)
- Blanko semester 9 (bagi yang sudah membayar semester 9)
- Blanko wisuda (yang dikasih setelah lulus sidang di hari H sidang)
- KRS Semester 8
- Surat Jadwal Sidang

Setelah diproses, nanti akan diberikan:

- Paraf & stempel petugas pengecekan kedua di Surat Bebas Keuangan
- Catatan, paraf & stempel di blanko semester 9 (bagi yang sudah bayar sem 9)
   (Kalau punya saya, diberi catatan: “Lbh BPP wisuda. Sisa diurus setelah
   wisuda. Blanko merah utk daftar wisuda”)
- Surat Jadwal Sidang diparaf, distempel dan dicoret SP nya jadi OK
- Blanko wisuda tidak dikembalikan (diambil oleh loket keuangan, karena saya 
   kelebihan BPP statusnya). Mungkin bagi yang tidak membayar semester 9, 
   blanko wisuda akan dikembalikan lagi (yang warna merah untuk daftar wisuda).

(Back)


Daftar Wisuda

Pendaftaran wisuda diurus di loket wisuda, D41 no 19-20. Jadwal loket wisuda kampus D, sebagai berikut:
Senin – Kamis : 09.30 – 11.30 dan 13.00 – 15.00
Jum’at : 09.30 – 11.30 dan 13.30 – 15.00
Sabtu : 09.30 – 11.30

Untuk mendaftar wisuda, cukup membawa:

Blanko merah semester 9 (bagi yang sudah membayar semester 9)
atau
Blanko merah wisuda (bagi yang membayar wisuda secara langsung (bukan dari kelebihan BPP semester 9))

Setelah diproses, nanti akan diberikan:

Blanko pendaftaran wisuda (3 lembar, putih, merah dan hijau). Tapi yang diserahkan ke mahasiswa hanya yang putih dan merah (2 lembar), karena yang hijau untuk panitia.

(Back)


Pengambilan Toga 

Toga dapat diambil di ruangan yang berada di sebrang loket BAAK. Yang perlu dibawa hanyalah blanko pendaftaran wisuda yang bewarna merah.

Khusus mahasiswa jurusan teknik informatika, toganya bewarna biru telor asin.

(Back)

Daftar Foto Wisuda

Setelah pengambilan toga, di ruang sebelahnya (masih di sebrang loket BAAK) kita dapat langsung mendaftar untuk foto wisuda (ga ada berkas yang harus dibawa). Setelah itu, akan dikasih kwitansi daftar foto wisuda yang akan dipakai untuk mengambil foto-foto wisuda setelah wisuda.
(Back)

Gladi Resik Wisuda

Gladi resik wisuda dilaksanakan di Auditorium D46. Jadwal gladi resik untuk masing-masing fakultas dapat dilihat di dinding loket wisuda (D41 no 19-20).

Yang perlu dibawa untuk gladi resik wisuda:

- CV
- Blanko pendaftaran wisuda yang bewarna putih (untuk mengambil undangan 
  wisuda)

Undangan wisuda UG ada 2 jenis, ada yang undangan sesi pagi (undangannya warna krem muda (mendekati putih hehe)) & undangan sesi siang (undangannya warna ungu muda). Yang dapat sesi siang, bisa tukeran dengan yang sesi pagi atau sebaliknya, asal dari fakultas yang sama. Undangan wisuda berlaku untuk 2 orang (untuk kedua orang tua).

(Back)

Registrasi UG Career

Setelah lulus sidang sarjana, kita perlu untuk registrasi UG Career. Setelah itu, ke bagian Career Center, dengan cukup membawa Surat Jadwal Sidang saja, untuk mendapatkan stempel dan paraf di Surat Jadwal Sidang (lokasinya di dekat I-Lounge (Internet Lounge) Kampus D belakang gedung 3). 

Berikut tahapan registrasi UG Career:

- Klik “Register as Job Seeker”
- Klik “Next Page >”
- Isi data diri, lalu klik “Next Page >”
- Setelah lengkap diisi, submit, maka akan dapat email konfirmasi. Klik link dr 
  email tersebut.
(Back)

Revisi Skripsi

Revisi skripsi dilakukan dengan memperbaiki atau menambah tulisan skripsi (sesuai yang diminta dosen-dosen penguji), lalu menemui dosen-dosen penguji yang memberikan tugas untuk merevisi skripsi tersebut (sesuai dengan catatan di masing-masing surat revisi yang diberikan pada saat sidang) untuk di-acc. Setelah di-acc oleh dosen-dosen penguji yang memberi revisi, tahap selanjutnya yaitu meminta tanda tangan DP di lembar pengesahan.

Foto Catatan Perbaikan Skripsi (Surat Revisi Skripsi) yang sudah di-acc oleh dosen-dosen penguji:
(Back)

Hardcover Skripsi

Untuk membuat hardcover skripsi, sebaiknya di tempat fotocopyan & penjilidan di sekitar kampus, karena mereka mayoritas sudah tahu ketentuan-ketentuannya (warna hardcover, warna tali pembatas, dll).

Warna hardcover skripsi S1 UG untuk semua jurusan adalah biru tua. Sedangkan, khusus untuk jurusan teknik informatika UG, warna tali pembatas hardcover skripsinya adalah biru telur asin.

(Back)


Jurnal Skripsi

Aturan penulisan jurnal dapat dilihat disini. Sedangkan, contoh jurnal-jurnal senior dapat dilihat di UG Library Epaper, dengan memilih “JURNAL” pada “Paper Type” dalam tab “Advanced Search” (Pilih “Faculty” sesuai dengan fakultas masing-masing).
(Back)

Upload Jurnal & Presentasi Sidang Skripsi

Untuk mengupload Jurnal Skripsi:
1. Masuk Studentsite
2. Pilih “Deposit Library”
3. Pilih “Upload Penulisan Ilmiah”
4. Lengkapi form isian yang harus diisi
5. Upload file JURNAL SKRIPSI.pdf
6. Definisikan “Jenis Dokumen” sebagai “JURNAL” (pilih “JURNAL”)
7. Klik “CETAK BUKTI JURNAL”
8. Print “Bukti Upload Jurnal ...”

Untuk mengupload Presentasi Sidang Skripsi (gambar seperti upload jurnal):
1. Masuk Studentsite
2. Pilih “Deposit Library”
3. Pilih “Upload Penulisan Ilmiah”
4. Lengkapi form isian yang harus diisi.
5. Upload file DOKUMEN PRESENTASI.pdf
6. Definisikan “Jenis Dokumen” sebagai “DOKUMEN PRESENTASI” (pilih 
    “DOKUMEN PRESENTASI”)
7. Klik “CETAK BUKTI PRESENTASI”
8. Print “Bukti Upload Dokumen Presentasi ...”

Bedasarkan informasi yang saya dapat dari dinding perpustakaan UG, hal-hal yang perlu diperhatikan untuk upload jurnal dan presentasi skripsi adalah sebagai berikut:
Setelah bukti upload jurnal dan presentasi skripsi diprint, selanjutnya mengurus validasi kedua bukti upload tersebut ke perpustakaan.

(Back)


Validasi Bukti Upload Jurnal & Presentasi Sidang Skripsi

Yang perlu dibawa untuk mengurus validasi bukti upload jurnal & presentasi sripsi hanya print-an kedua bukti upload tersebut.

Setelah selesai divalidasi, maka di kedua print-an bukti upload tersebut akan diberikan stempel & paraf petugas perpus. 

Di deposit library studentsite, warna upload-an jurnal dan presentasi skripsi yang tadinya bewarna pink sekarang menjadi hijau (sudah diverifikasi). 

Selain itu, jurnal dan presentasi sidang yang telah diupload sudah dapat tampil di library epaper.

(Back)


Tanda Tangan Kepala Bagian Sidang

Tanda tangan Kepala Bagian Sidang diperoleh di loket sidang D41, no. 13-16. Dimana, jadwal loket sidang adalah sebagai berikut:
Senin, Jum’at           : 13.30 – 14.30
Selasa, Rabu, Kamis  : 10.00 – 11.30 dan 13.30 – 14.30

Untuk mendapatkan tanda tangan Kepala Bagian Sidang, cukup membawa:
- Hardcover, dengan pita pembatasnya berada di halaman lembar pengesahan
   (halaman lembar pengesahannya sudah di tanda tangan DP)
- Surat Revisi yang sudah di-acc
- Bukti Upload Jurnal & Bukti Upload Dokumen Presentasi yang sudah divalidasi 
  perpus

Setelah diproses, 2 hari kemudian hardcover yang sudah ada tanda tangan Kepala Bagian Sidang sudah dapat diambil kembali. Untuk itu, perlu membawa KRS aktif / KTM / fotocopyan KTP.


Jangan lupa untuk men-scan halaman lembar pengesahan yang sudah lengkap ditandatangani oleh DP dan Kepala Bagian Sidang sebelum di-upload ke deposit library studentsite.

(Back)

Validasi Upload Skripsi

Setelah selesai meng-upload skripsi ke deposit library studentsite (tidak ada print out bukti upload skripsi), tahap selanjutnya adalah validasi upload skripsi ke loket perpustakaan, D31. Jadwal loket perpustakaan kampus D, sebagai berikut:
Senin – Kamis    : 09.00 – 11.30 dan 13.00 – 15.00
Jum’at              : 09.00 – 11.30 dan 13.30 – 15.00
Sabtu                : 09.00 – 12.00

Yang perlu dibawa, cukup:
Hardcover (yang sudah lengkap ditandatangani oleh DP dan Kepala Bagian Sidang di halaman lembar pengesahannya)

Setelah diperoses, nanti akan diberikan:
- Hardcover yang sudah diberi stempel oleh perpus
- Blanko sumbangan buku sebesar Rp. 50.000 atau ada juga yang disuruh beli
  buku, dengan harga minimal Rp. 50.000.

(Back)


Menyerahkan Hardcover Skripsi Ke Perpustakaan

Setelah membayar blanko sumbangan buku ke bank DKI (ataupun menyumbang / membeli buku dengan harga minimal Rp. 50.000), selanjutnya adalah menyerahkan hardcover skripsi ke perpustakaan UG.

Yang perlu dibawa:
- Blanko sumbangan buku yang sudah dibayar (warna putih dan merah)
- Hardcover skripsi
- Surat Jadwal Sidang

Setelah diproses, akan diberikan:

- Stempel dan paraf perpus di Surat Jadwal Sidang
- Blanko sumbangan buku yang bewarna putih yang sudah distempel dan diparaf 
  perpus
(Back)

Pengambilan & Legalisir STLS

STLS baru bisa diambil di loket ijazah (D21) dalam waktu 2-3 minggu setelah sidang sarjana dinyatakan lulus, dan setelah mendapat 3 stempel & paraf di Surat Jadwal Sidang (dari: loket keuangan, UG Career Center, dan loket perpus).

Jadwal loket ijazah adalah sebagai berikut:

Senin, Selasa, Jum’at  : 9.30 – 11.30 dan 13.30 – 15.00
Sabtu  : 9.30 – 11.30
Rabu, Kamis                 : Tutup

Yang perlu dibawa untuk mengambil STLS:

- Blanko wisuda / blanko semester 9 (bagi yang bayar semester 9)
- Blanko sumbangan buku yang sudah distempel dan diparaf perpus
- Surat Jadwal Sidang yang mendapat 3 stempel & paraf
- Sudah aktifasi UG Career Center

Selanjutnya, akan diberikan:

- STLS asli
- Stempel bertuliskan: "STLS sudah diambil" serta paraf dari loket ijazah di Surat
  Jadwal sidang

Setelah mendapatkan STLS asli, selanjutnya yaitu cap 3 jari di STLS (oleh karena itu, pengambilan STLS tidak bisa diwakilkan) dan legalisir STLS tersebut. Sebelum dilegalisir, fotocopy STLS asli tersebut sebanyak (maksimal) 5 lembar. Setelah itu, baru kembali lagi ke loket ijazah untuk minta dilegalisir. Maka akan diberikan kertas kecil Lembar Bukti Permohonan Legalisir untuk mengambil fotocopyan STLS yang akan dilegalisir tadi seminggu kemudian (paling cepat).


Setelah seminggu berlalu, untuk mengambil fotocopyan STLS yang sudah dilegalisir cukup membawa:

- STLS asli
- Lembar Bukti Permohonan Legalisir yang sudah diisi (nama, npm, fakultas) 

Setelah diproses, maka akan diberikan:

- 5 lembar fotocopyan STLS yang sudah dilegalisir
- STLS asli (dikembalikan ke kita lagi)

(Back)


Wisuda di JCC

Tak terasa, alhamdulillah, akhirnya saya diwisuda juga. Jadwal wisuda yang saya dan orang tua saya hadiri jatuh pada: Minggu, 8 Desember 2013, jam 08.30 (sesi pagi), di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Walaupun tertulis jam 8.30, tapi ada catatan kecil di undangan wisuda untuk hadir 30 menit sebelum acara dimulai.

Saat wisuda akan dibagikan buku wisuda “DIES NATALIS XXXII WISUDA ...” yang berisi data diri para wisudawan dan wisudawati, baik yang diploma tiga, sarjana, magister, maupun doktor.
Selain itu, akan diberikan pula lembar No Pengambilan Foto/DVD/Trophy Wisuda.
(Back)


Sumber:

Pengalaman pribadi
http://xaxakenzie.blogspot.com/2012/12/setelah-sidang.html
http://rismayuni.blogspot.com/2013/10/sudah-sidang-sarjana-what-nex.html

22 comments :

aaaooo said...

thank you

Unknown said...

sangat berguna, makasi yaaa ^^

Unknown said...

ohya mau tanya mbak, upload jurnal dulu atau tanda tangan kepala bagian sidang dulu? mohon balasan ya mbak, makasiii :)

Aisyah said...

upload jurnal dulu, baru tanda tangan kepala bagian sidang.
krn salah satu persyaratan utk mdptkn tanda tangan kepala bagian sidang adl: bukti upload jurnal & bukti upload dok. presentasi yg udh divalidasi perpus.

Anonymous said...

mau tanya dong, kalo ga ikut gladiresik gimana?

Aisyah said...

Kalo ga ikut gladi resik, undangan wisuda jadi ga bisa langsung diambil & jadi kurang tau informasi2 (gambaran) pada saat wisuda nanti harus gimana.

Tapi kalo emg berhalangan bgt ga bisa ikut gladi resik,
● untuk cv, ga ada masalah dh kl ga salah (ga bawa jg gpp, jd ga ngaruh ke urusan2 kampus selanjutnya (waktu angkatan saya)).
● untuk undangan wisuda, saya ga tau, apakah boleh nitip / ga untuk pengambilan undangan wisudanya. Mungkin masih bisa nitip, asalkan blanko pendaftaran wisuda yang bewarna putih, ada di teman yang mau ngambilin.
● untuk informasi2 (gambaran) pada saat wisuda nanti, tentunya bisa tanya teman.

Resnanda Blog said...

Terima kasih.,
Sangat membantu sekali

Unknown said...

mba, kalo foto wisuda yang disediakan universitas itu wajib untuk daftar apa tidak ya? makasii...

Aisyah said...

Setahu saya wajib difoto pas wisuda (yg disediakan universitas (memegang gulungan, jabat tangan dengan rektor, dan rektor memindahkan tali)), jadi ya harus daftar. Mungkin hal ini diperluin utk dokumentasi pihak kampus.

Atau coba konfirmasi (tanya ulang) lagi aja ke panitia yg ngurus foto wisuda (di tempat pendaftaran foto wisuda), wajib / tidak.

Dydik setiono said...

Thanks , Sangat bermanfaat .

a said...

Terima kasih atas informasi yang berharga :)

Unknown said...

Thanks, Sangat membantu infonya

Unknown said...

mba sidangnya gelombang brp? tanggal brp mba? trims infonya

Muhammad Eros Julian said...

Terima kasih atas informasinya, sangat membantu saya :D

Unknown said...

VERY GOOD

Anonymous said...

dilihat dari urutan setelah sidang dan syarat daftar wisuda, berarti wisuda dapat diikuti walopun belum mengurus tanda tangan lembar pengesahan ya ???? jwb plz

Unknown said...

klo blanko sem 9 ny ilang gmn

Aisyah said...

"dilihat dari urutan setelah sidang dan syarat daftar wisuda, berarti wisuda dapat diikuti walopun belum mengurus tanda tangan lembar pengesahan ya ???? jwb plz" ---> Mgkn bs, kl emg bs memenuhi syarat & waktunya (keburu/msh ada kesempatan). Tp sepengalaman saya, jauh lebih baik beresin dulu urusan tanda tangan lembar pengesahan

Aisyah said...

"klo blanko sem 9 ny ilang gmn" ---> Silahkan tanya / urus ke PSMA (Kampus E Gd 1 lt. 1 atau UG Kalimalang Kampus J1 Lantai 2) & setelah itu ke Bank DKI. Detailnya, apa saja yg harus dibawa / diurus saya tidak tahu, silahkan tanya langsung ke PSMA & Bank DKI nya
Sumber:
1. http://www.gunadarma.ac.id/en/pages/id-faq.html (Ctrl+F: Jika blanko yang hilang 1 semester sebelumnya atau semester yang bersangkutan)
2. http://uzi-online.blogspot.co.id/2015/02/seputar-blanko-dan-pembayaran-uang-kuliah-universitas-gunadarma.html (Bagaimana Jika Blanko Hilang atau Tidak Lengkap?)

Anonymous said...

Sekarang harga di blanko wisuda sudah 1.5 :(

Oya, waktu itu kan ngurus bebas keuangan kedua, tapi kok malah dapet blanko lagi dari sana, tertulis kekurangan 2 SKS di blankonya dan harganya 300k,padahal blanko uang kuliah udah lunas deh (semester awal hingga akhir) kok dapet blanko dengan keterangan kekurangan SKS ya ?

Unknown said...

Thanks, Sangat membantu

Unknown said...

blognya bagus banget dan sangat bermanfaat


Visit Us

Post a Comment