Pages

Tugas New Media : Live Streaming

Hampir seluruh penduduk di dunia, sudah mengetahui apa itu live streaming. Live streaming merupakan layanan yang disuguhkan secara hidup atau real-time berbasiskan jaringan Internet. Sehingga, yang ditampilkan akan hadir secara real-time (langsung) layaknya siaran live radio atau televisi. Live streaming yang selanjutnya akan dibahas disini adalah tentang Trans TV live streaming.

Trans TV (PT.Televisi Transformasi Indonesia) merupakan sebuah stasiun televisi swasta Indonesia mulai secara terrestrial area di Jakarta, yang dimiliki oleh Chairul Tanjung. Stasiun televisi ini juga merupakan suatu perusahaan yang dimiliki oleh TRANS CORPORATION, yang juga merupakan pemilik dari TRANS 7. Trans TV memperoleh izin siaran didirikan pada tanggal 1 Agustus 1998. Pada bulan Oktober 1998 setelah dinyatakan lulus dari ujian kelayakan yang dilakukan tim antar departemen pemerintah. Trans TV mulai resmi disiarkan pada 10 November 2001 meski baru terhitung siaran percobaan, Trans TV sudah membangun Stasiun Relai TV-nya di Jakarta dan Bandung. Siaran percobaan dimulai dari seorang presenter yang menyapa pemirsa pukul 19.00 WIB malam. Trans TV kemudian pertama mengudara mulai diluncurkan diresmikan Presiden Gus Dur sejak tanggal 15 Desember 2001 sejak sekitar pukul 19.00 WIB malam, TRANS TV memulai siaran secara resmi.Maka sejak tanggal 15 Desember 2001, TRANS TV memulai siaran secara resmi. Kantor Pusat stasiun ini berada di Studio TransTV, Jalan Kapten Pierre Tendean,Jakarta Selatan. Direktur Utama Trans TV saat ini adalah Wishnutama.

Sejak awal, pembangunan TRANS TV dirancang untuk bisa beroperasi menggunakan teknologi digital penuh, mulai dari tahap pra produksi hingga tahap paska produksi dan siaran on air. Tetapi karena sistem penyiaran di Indonesia masih menggunakan sistem analog, maka output yang bersifat digital akan diubah menjadi analog. Walaupun demikian, pemirsa TRANS TV akan menikmati tayangan audio visual yang lebih jernih dan tajam. Kelak jika sistem penyiaran di Indonesia sudah beralih ke sistem digital, TRANS TV hanya perlu memodifikasi pemancar-pemancarnya saja.

Selain output yang lebih baik, teknologi digital juga menjadikan proses kerja dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Peran kaset (video tape) nyaris hilang, karena semua materi produksi mengalir dari satu server ke server komputer lainnya melalui jaringan kabel optik yang terpasang di seluruh gedung. Seluruh studio juga terintegrasi satu sama lain sehingga memungkinkan siaran yang simultan.

Untuk menyaksikan siaran live streaming biasanya memerlukan real player, adobe flash player, media player, dsb. Namun ada suatu situs untuk menyaksikan langsung secara online tanpa perlu mendownload software tersebut, yaitu di tv online. Tanpa perlu mendownload, bisa langsung menyaksikan acara televisi sesuai selera.

Agar bisa menikmati, tentunya diperlukan speaker yang berkualitas serta layar monitor dengan resolusi yang tinggi. Biasanya juga diperlukan video card / kartu grafis yang merupakan bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer yang bertanggung jawab untuk rendering (memberikan) gambar pada monitor komputer atau layar tampilan.

 vga card


Menurut saya penggunaan live streaming di zaman sekarang ini bukanlah hal yang asing lagi. Dengan adanya live streaming ini, kita bisa menyaksikan berbagai acara televisi tidak harus di depan televisi. Kita bisa menyaksikannya dengan menggunakan laptop misalnya, tetapi harus terkoneksi dengan situsnya. Kelemahan dari live streaming ini biasanya pada kualitas gambarnya. Masih banyak yang tampilan gambarnya tidak setajam di layar televisi. Kemudian untuk memulai menyaksikannya, diperlukan buffering yang menyebabkan harus menunggu beberapa saat, dan ditengah-tengah tayangan sering terdiam. Jadi tidak selancar di layar televisi.


Sumber:
http://agussale.com

0 comments :

Post a Comment