Pages

Tugas New Media: Televisi Digital (Resume)



Media televisi merupakan salah satu media yang tepat digunakan untuk berbagi informasi, pengetahuan, cerita dan hiburan bagi seluruh dunia. Seiring dengan perkembangan zaman, kini negara-negara di dunia telah memasuki era digital. Munculnya era digital tentunya tidak lepas dari perkembangan teknologi yang terus berinovasi. Dengan memasuki era tersebut dapat menghadirkan manfaat yang besar bagi manusia, salah satunya menghadirkan televisi digital. Televisi digital ini merupakan salah satu dari perkembangan media global pada abad 21.

Istilah digital sendiri berarti informasi yang diperinci menjadi serangkaian 1s dan 0s yang dimasukkan ke dalam bentuk yang dengan mudah dimanipulasi oleh microchip yang terletak di pusat setiap perangkat digital. Hal ini membedakan komputer dan banyak keturunan berikutnya dari media analog yang lebih tua seperti film, radio, televisi dan audio / rekaman video sebelum tahun 2000. 

Jadi televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan teknik modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Sejarah televisi digital dimulai pada tahun 1980, dari perkembangan televisi berdefinisi tinggi (high-definition television) yang disingkat HDTV. HDTV ini adalah teknologi yang dikembangkan oleh Jepang. Jepang berjanji untuk lebih meningkatkan kualitas gambar televisi dengan meningkatkan definisi, atau jumlah pemindaian baris, gambar, menggunakan metode analog. Jepang menjadi negara pertama yang memulai siaran HDTV pada tahun 1992.

Kemudian Amerika Serikat pun menyusul dengan berjuang untuk merancang perangkat HDTV mereka sendiri dan mereka berhasil di Silicon Village yang mana produksi gambar televisi yang dibuat jauh lebih baik dari MUSE Jepang. Tahun 1993, produsen AS datang dengan membawa standar aliansi strategic grand, untuk membicarakan kebutuhan apa yang harus dipenuhi untuk memulai industri ini. Keuntungan yang disadari adalah bahwa sinyal-sinyal yang ada pun dapat di tekan sehingga memungkinkan untuk mengirimkan sampai 6 televisi sinyal (SDTV) dengan teknologi dan frekuensi sinyal yang sama. Inilah yang disebut multiplexing.

Telekomunikasi Act Of 1996 berencana memperkenalkan HDTV (atau multiplexing DTV) di seluruh negeri pada decade berikutnya. Meski  transisi ke televisi digital memakan waktu yang cukup lama, bahkan bertahun-tahun tetapi sebagai imbalan, lembaga penyiaran akhirnya setuju untuk memulai penyiaran digital terrestrial di tahun 1998. Pada masa itu ada pula yang menyebutnya sebagai masa peralihan digital dan diperkirakan pada tahun 2006 untuk mengubah televisi seluruhnya menjadi ke digital., terutama karena pada saat itu yaitu tahun 2000 harga HDTV dalam kisaran $4.000. dan pencapaian yang di dapatkan adalah bahwa pada tahun 1998 dan di akhir tahun 1999 ada  30 pasar yang sebagian sudah memakai sistem digital. Televisi satelit (DBS) telah memulai pemancaran digital pada tahun 1994 dan diprakarsai pada tahun 1998.

Televisi digital diluncurkan di Eropa Barat pada tahun 1998 dengan distribusi satelit dan terrestrial. Terrestrial televisi digital pun diluncurkan di Inggris pada tahun 1998 dengan 6 multiplexing layanan yang dialokasikan oleh Independent Television Committee untuk enam perusahan dimana layanan Freeview BBC pun termasuk di dalammya. Dalam beberapa tahun berikutnya sebagian besar Negara di Eropa memperkenalkan teknologi format baru yang tersebar ke seluruh dunia dan Luxembrourg-lah yang menjadi negara pertama untuk menyelesaikan peralihan digital pada tahun 2006, dengan beberapa rencana untuk 2007 dan 2008.

Produksi video digital dapat ditelusuri kembali ke format profesional di pertengahan 1980-an, terutama Sony Digital Betcam, yang memulai debutnya pada tahun 1986. Konsumen digital produksi menjadi mungkin hanya di awal 1990-an, sebagai pemunculan pertamanya Apple Quick Time  arsitektur dan MPEG-1 dan MPEG-2 standar pemutaran yang dikembangkan. Dikombinasikan dengan teknologi perekaman digital dan pemutaran seperti DVD, independen dan anggaran rendah, pembuatan film telah mengalami kebangkitan besar; diperkirakan bahwa biaya membuat jumlah film sepenuhnya digital sepersepuluh atau kurang dari biaya produksi 35mm. Tentunya, hingga saat ini banyak teater yang belum dilengkapi dengan proyeksi digital.

Layanan satelit digital yang pertama kali mendunia, membawa beberapa saluran yang ada program televisi dan saluran dengan bahan yang unik dikembangkan untuk satelit dan kabel langsung ke ruang tamu orang di seluruh dunia. Satelit televisi bekerja dengan beberapa seri sinyal dari stasiun bawah ke atas untuk satelit di orbit geostasioner, 2.300 mil di atas permukaan bumi. Di Amerika Serikat, Direct TV diluncurkan pada tahun 1994 dan Echo Star’s Dish Network pun diluncurkan pada tahun 1996 yang mana kedua hal tersebut adalah dua penyedia utama dari DBS digital.

Televisi Kabel dalam versi analog adalah seumuran dengan televisi itu sendiri. Koalsial kabelnya di gantung pada tiang atau dikubur dalam tanah. Hal ini untuk mendapatkan sinyal televisi untuk masyarakat dengan transmisi rendah atau tidak mendapatkan siaran terrestrial. Tidak sampai munculnya siaran satelit di akhir 1970-an itu kabel mulai datang sendiri sebagai media yang berasal dari pemrograman sendiri, di Amerika Serikat salah satu saluran pertama kabel-hanya berhasil adalah Home Box Office (HBO) yang mulai acara besar olahraga dan film teater dipotong hingga satelit dan thendownto kabel operator di seluruh negeri. Di Amerika Serikat pada tahun 1990, sebanyak 85 persen dari pemirsa televisi Amerika Seikat sudah memakai DBS. Ada beberapa pengecualian yaitu Negara Belanda teta menjadi salah satu yang masih menggunakan televisi kabel karena ada beberapa stasiun-stasiun yang memiliki daya yang rendah dan hanya dapat dihubungkan dengan kabel ke beberapa daerah / negara kecil. Sekarang kabel digital makin menjadi popular untuk pelayanan internet, layanan telepon melalui kabel sebagai kabel televisi dan telekomunikasi perusahaan tradisional.

Dari situs-situs seperti BitTorrent maka situs seperti ini mengkhususkan dirinya dalam film dan secara bersamaan dengan music dan permainan bekerjasama dengan Itunes yang memungkinkan penggunannya dapat mendowload TV resmi dengan biaya. Seperti halnya NBC yang dulunya bergabung dengan iTunes tetapi tahun 2007 memutuskan untuk memakai web sendiri dan beroperasi dengan menggunakan Interaktive Media Player yang adalah sejenis perekam video digital. DVD yang dapat merekam video yang besar dengan kapasitas rekaman yang kecil dan mereka pun bekerjasama baik dengan film.

Layar televisi semakin diperluas seperti pada layar teater yang datar atau pun layar computer yang menjadi layar televisi sementara layar televisi berhubungan dengan computer. YouTube dan teknologi digital  memungkinkan kita untuk membuat televisi sendiri. Jelas bahwa revolusi digital masih dalam proses, dan televisi tetap menjadi salah satu medan pertempuran utama.

0 comments :

Post a Comment