Pages

Mempersiapkan Yang Akan Datang

Tak terasa ya, waktu berjalan begitu cepat. Rasanya saya baru jadi mahasiswa baru, tapi sekarang saya sudah menjadi mahasiswa tingkat 4. Insyaallah semoga tahun depan saya bisa menjadi sarjana S1 TI. Aamiin. :)


Setelah libur sekitar 3 bulan berlalu, kini harus kembali ke kesibukkan saya semula yaitu menjadi mahasiswa. Wajarlah yang namanya mahasiswa pasti sibuk dengan berbagai tugas, laporan, seminar, penulisan, sidang, dan sebagainya. Tapi alhamdulillah, kalau diri ini enjoy, bisa mengerjakan semua itu dengan senang hati, insyaallah akan terasa mudah dan rasanya malah cepat berlalu. Coba bayangkan, dikala kita dihadapi oleh persoalan yang tidak kita sukai, pasti hati kecil ini ingin cepat pergi dari persoalan tersebut, bahkan kita tunggu-tunggu kapan ini berakhir, dan akibatnya malah terasa lama banget berlalunya.

Mau kemanakah setelah lulus kuliah nanti? Pertanyaan tersebut sering hadir dalam pikiran ini. Di tahun-tahun terakhir kuliah, seperti sekarang ini memang sudah waktunya untuk memikirkan hal tersebut, bahkan lebih detail lagi terkait masa depan. Saya yakin, 1 tahun pun pasti rasanya akan cepat berlalu. Maka dari itu, saya persiapkan planning untuk masa depan. Planning ini hanya sebagai gambaran untuk saya saja, apa yang kira-kira akan atau memang harus saya hadapi di masa depan nanti.

Awalnya saya kira mudah, memang kalau hanya sekedar membuat garis waktu lalu diisi dengan apa yang akan dihadapi itu mudah, tapi menurut saya tidak sesederhana itu. Untuk membuatnya juga tidak asal-asalan, melainkan disesuaikan dengan keinginan diri ini mau bagaimana, mau kemana. Dan ternyata memang banyak yang perlu saya persiapkan dari sekarang, maka dari itu saya harus membagi waktu saya, kapan saya harus menyelesaikan tugas-tugas kuliah, kapan saya harus mengerjakan pekerjaan rumah membantu orang tua, dan kapan saya harus mempersiapkan yang akan saya hadapi nanti. Lalu, dalam mempraktikkannya untuk menjadi suatu rutinitas baru juga tidak mudah, karena belum terbiasa. Maka itu, hargailah waktu! Gunakanlah waktu yang kita punya untuk hal-hal yang bermanfaat. Karena sebenarnya masih banyak hal yang perlu dan bisa dipersiapkan dari sekarang untuk yang akan datang.

Setidaknya minimal haruslah ada informasi. Misalnya informasi terkait mencari kerja, melanjutkan kuliah S2, menikah, dan sebagainya. Menurut saya, baru bisa mendapatkan informasi ini saja sudah sangat bermanfaat untuk mempersiapkan yang akan datang.

0 comments :

Post a Comment