Pages

Musik Instrumental

Diantara sekian banyak jenis musik yang ada, saya paling menyukai musik instrumental. Kenapa? Jenis musik ini bisa saya dengarkan kapan aja, apalagi dikala butuh untuk rileks. Hingga saat ini rasanya banyak manfaat yang saya dapatkan dari instrumental. Dikala sedang belajar, sambil mendengar instrumental, belajar jadi lebih asyik, santai rasanya dan mudah memahami. Walaupun terkadang jadi ngantuk juga sih, tergantung jenis instrumentalnya yang didengar yang mana. Dikala sedang emosi ataupun stress, dengan mendengar musik instrumental, emosi atau stress tadi jadi mudah turun, karena pikiran teralihkan ke musik instrumental yang kita dengar. Tentunya musik instrumental yang menarik. :)

Sebenarnya, apa sih pengertian instrumental? Dari Wikipedia, instrumental adalah suatu komposisi atau rekaman musik tanpa lirik atau musik vokal dalam bentuk apapun; semua musik dihasilkan melalui alat musik.


Jenis dari musik instrumental sangat bervariasi. Mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Dari seluruh duniapun memiliki musik instrumental yang mencirikan asal negaranya. Gamelanpun termasuk musik instrumental lho. Dari berbagai alat musik yang dipakai juga bisa menentukan jenis musik instrumental. Klasifikasi musik instrument bedasarkan suara yang dihasilkan terdiri dari idiofon, membranofoni, kordofoni, aerofoni, dan elektrofoni. Bedasarkan fungsi pada permainan musik atau orkestra, terdiri dari instrumen perkusi bernada dan instrumen perkusi tak bernada.


Dilihat dari sisi psikologis, pengaruh musik instrumental diantaranya menyembuhkan depresi, mempengaruhi pikiran dan perasaan, menghilangkan stress dan mudah marah, menyembuhkan fobia (rasa takut yang berlebihan) dan masih banyak lagi. Termasuk juga meningkatkan kerja dan keseimbangan otak, akibatnya bisa meningkatkan kecerdasan pula.

Berhubung saya hanya sebagai penggemar musik instrumental, jadi yang saya sampaikan mungkin hanya secara garis besarnya saja. :)

Berikut ada beberapa situs musik instrumental, yang di dalamnya kita bisa mendengarkannya dan juga mendownloadnya:

Selamat menikmati :)


Referensi:

0 comments :

Post a Comment