Pages

Sekilas Tentang Framework CodeIgniter (CI)


Apa sih Codeigniter itu? Codeigniter merupakan framework PHP yang diklaim memiliki eksekusi tercepat dibandingkan dengan framework lainnya. Codeigniter bersifat open source dan menggunakan model berbasis MVC (Model View Controller), yang merupakan model konsep modern framework yang digunakan saat ini.

Apa itu framework? Framework merupakan suatu kerangka kerja dalam aplikasi web yang didalamnya terdapat potongan-potongan program yang telah disusun (modul), sehingga programmer tidak perlu membuat kode dari nol.

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf pertama, bahwa Codeigniter menggunakan model berbasis MVC (Model View Controller). Model View Controller merupakan alur kerja dari framework Codeigniter. Dengan konsep MVC ini, logika program dan layout berada terpisah, sehingga dapat memudahkan dalam proses pembuatan website, dimana programmer dan designer dapat mengerjakan masing-masing tugasnya secara fokus. Konsep model MVC ini juga dapat menuntun para pembuat program untuk membangun web secara terstruktur.

Model digunakan sebagai presentasi database. View digunakan sebagai suatu halaman khusus untuk menyajikan informasi kepada pengguna (user). Sedangkan, controller digunakan sebagai pengendali antara model dan view.

 

Beberapa tools dasar yang diperlukan untuk membuat website menggunakan CI, diantaranya:
1. Web Server, untuk mencoba menjalankan program.
2. Text Editor, untuk mengetikkan script program.
3. Server lokal (misalnya xampp)
4. Framework CodeIgniter, file utama dalam membuat website berbasis CI.

Framework CodeIgniter dapat di download di http://ellislab.com/codeigniter. Untuk menginstallnya, hanya perlu mengekstrak file .zip yang telah di download tadi ke folder server lokal. Disini saya menggunakan server lokal xampp, sehingga perlu diekstrak ke folder xampp/htdocs. Setelah itu, rename dengan nama yang diinginkan. Bila telah selesai, jalankan framework CI tersebut dengan cara mengetikkan localhost/nama CI yang tadi di-rename. Jika berhasil, maka akan tampil sebagai berikut.


1 comments :

Aisyah said...

makasih ya :)

Post a Comment