Pages

Udah Mau Masuk Semester 8 Nih, Skripsi Atau Kompre Ya?

Postingan kali ini saya buat khusus untuk mahasiswa Gunadarma yang akan memasuki semester 8 atau yang akan menghadapi tugas akhir (skripsi) ataupun kompre (non skripsi).

SK Skripsi

Di akhir-akhir semester 7 (atau setelah IPK semester 7 keluar), mahasiswa UG sebenarnya sudah bisa memprediksi apakah dia akan mendapatkan SK Skripsi atau tidak. Syaratnya, pada saat memasuki semester 8 berdasarkan Total IPK dari semester 1 sampai  semester 7, minimal IPK = 3,25. Ada ketentuan lain, yaitu total sks semester 1 sampai semester 7, minimal SKS = 136, tapi untuk ketentuan yang SKS ini tidak begitu berpengaruh. Karena kalau dari pengalaman saya, total SKS semester 1 sampai semester 7 saya = 135 SKS dan saya tetep mendapatkan SK Skripsi tanpa ada persyaratan lain. Yang sangat berpengaruh adalah syarat SKS untuk menghadapi sidang nanti, yaitu total SKS semester 1 sampai semester 8 minimal = 152 SKS.

Untuk jurusan Teknik Informatika, SK Skripsi bisa diketahui dari file “SK Skripsi ... .xls” di staffsite Bu Hurnaningsih yang mana file tersebut berisi nama-nama mahasiswa jurusan TI yang akan mendapatkan SK Skripsi. Waktu itu saya mendapatkan info berupa file tersebut, sekitar pertengahan April 2013. Sekitar seminggu sampai dua minggu kemudian, barulah lembar SK Skripsi saya terima.



Bagi mahasiswa yang sudah mendapatkan SK Skripsi, dapat langsung menemui Dosen Pembimbing (DP) yang sudah ditentukan untuk memulai bimbingan skripsi. DP tersebut tidak dapat diganti. Jangan lupa pula untuk mengisi KRS semester 8 dengan memasukkan “Skripsi / Tugas Akhir” sebanyak 6 SKS dan boleh hanya mengambil sebagian mata kuliah pilihan saja di semester 8, sehingga tetap dapat memenuhi syarat sidang, total SKS semester 1 sampai semester 8 minimal = 152 SKS.

Namun, bila ingin pindah ke jalur kompre, maka mahasiswa yang telah mendapat SK Skripsi tersebut harus menunggu 1 semester berikutnya, untuk bisa mendaftar sidang kompre (di semester berikutnya). Syarat dan mekanisme pengurusannya dapat download:

Proposal Skripsi

Bagi mahasiswa yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan SK Skripsi (otomatis), IPK >= 3,25, masih dapat mengajukan proposal skripsi ke jurusan (bila ingin mengambil jalur skripsi). Informasi proposal skripsi untuk jurusan TI (syarat, mekanisme, format penulisan, dsb) dapat download:

Kompre

Sedangkan, bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan SK Skripsi otomatis dan lebih memilih jalur kompre, maka pada saat mengisi KRS semester 8 harus mengambil beberapa mata kuliah pilihan di semester 8, sehingga syarat sidang, dimana total SKS semester 1 sampai semester 8 minimal = 152 SKS, bisa terpenuhi.

Bagi mahasiswa jurusan TI jalur kompre, informasi untuk menentukan paket materi (mata kuliah) yang akan diambil untuk sidang, bisa download:
http://hurna.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/33806/Cara+menentukan+Materi+Sidang+kompre.doc

Daftar paket mata kuliah kompre untuk jurusan Teknik Informatika, dari file “Syarat sidang sarjana.doc” di staffsite Bu Hurna adalah sebagai berikut:
Paket 1:
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Teori Bahasa dan Otomata
Pemrograman WEB

Paket 2:
Sistem Multimedia
Interaksi Manusia & Komputer
Grafik Komputer 1

Paket 3:
Sistem Keamanan Komputer
Jaringan Komputer
Pemrograman Jaringan


Sumber:

13 comments :

Edwin said...

kaka. kalau kompre itu bisa s2 tidak??

Aisyah said...

masih bisa kok :)

http://ugpedia.gunadarma.ac.id/content/72/3901/id/pertanyaan-seputar-skripsi-proposal-dan-sidang-kompre.html
(Ctrl+F "kompre",, ada di bagian tengah)

Intan Fitriani said...

permisi kak, mau tanya. waktu kemarin kakak PInya tentang apa? hehehe mohon balasannya kak. terima kasih

Aisyah said...

waktu PI saya bikin aplikasi pembelajaran matriks utk siswa sma pake bhs python :)

Edwin said...

ka mau nanya, kalau masih ada nilai D bisa dapat SK tidak?

Aisyah said...

Setahu saya masih bisa. Krn, SK yg diterima mahasiswa -kl dilihat dr urusan nilai- pd dasarnya dipertimbangkan dr total ipk-nya (apapun variasi nilainya).

Ini ada informasi terbaru,, ternyata, sekarang yg dilihat total ipk dr semester 1-6 (bukan semester 1-7):
http://ugpedia.gunadarma.ac.id/content/72/3938/id/informasi-tentang-sk-skripsi.html

Unknown said...

permisi min, mau tanya..

1. kalo untuk kompre paket 2, minimal matkul2nya harus B ya?

2. untuk paket 2 masalah grafkom, itu yg diujikan
Grafik Komputer 1 atau Grafik Komputer 2?
atau 22nya?

mohon penjelasannya.. makasih, min..

Unknown said...

lalu seandainya matkul paket 2 (IMK, Sismul, Grafkom 1) nilainya B, tetapi "Grafkom 2" nya C.. apakah "bisa" mengambil paket tsb, min? makasih

Unknown said...

kalau tidak ikut ospek apakah bisa ikut sidang?

Unknown said...

maaf mau Tanya ,punya materi sidang kompre paket 1 dan 3 gak ?

Aisyah said...

mohon maaf, saya ga punya materi sidang kompre

Unknown said...

bang mau tanya semisal saya kompre, nah lanjut S2 bisa di kampus laen kgk ? ato harus wajib, dancuman bisa di gundar doang ?? makasih sebelomnya

Shirogami said...

misi mau nanya, itu cara dapetin lembar sk gimana ya? mengajukan atau dikirim atau gimana? makasih

Post a Comment