Pages

Daftar Sidang Sarjana UG

Tak terasa, alhamdulillah, akhirnya penulisan skripsi udah di-acc oleh DP (Dosen Pembimbing). Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi sidang, yang mana sebelumnya harus mendaftar sidang sarjana terlebih dahulu tentunya.

Sebelum pendaftaran sidang sarjana, di sekitar bulan Mei – Juli, akan diadakan pengarahan (briefing) pra sidang sarjana terlebih dahulu, yang mana waktunya dibagi menjadi 2 sesi, sesi pagi (9.00 – 12.00) dan sesi siang (13.00 – 16.00). Kalau dari pengalaman saya, pengarahan pra sidang sarjana untuk jurusan Teknik Informatika kelas saya, dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2013 di kampus D, ruang D46, sesi pagi.

Dalam pengarahan pra sidang sarjana tersebut akan diberikan penjelasan tentang:
- Sidang sarjana (pendaftaran sidang, saat pelaksanaan sidang, dan hasil sidang)
- STLS, ijazah, dan transkrip nilai
- Penulisan Ilmiah (mengingatkan mahasiswa, bagi yang belum selesai PI)
- Lowongan kerja (UG Career Center)

Untuk jurusan Teknik Informatika, ada 2 langkah dalam mendaftar sidang sarjana, yaitu:
  1. Mendaftar ke Jurusan TI (Sekjur TI – Bu Hurnaningsih) via email: daftar_sidang_jurTI@yahoo.com
  2. Mendaftar ke Loket Sidang (D41 No.13-16). Dimana jadwal loketnya adalah sebagai berikut:
    Senin, Jum'at : 13.30 - 14.30
    Selasa, Rabu, Kamis : 10.00 - 14.30
    Istirahat / Rehat : 11.30 - 13.30
Untuk mendaftar sidang sarjana ke Jurusan TI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:
  1. Memiliki KRS Aktif di semester berjalan
  2. Jumlah mata kuliah yang sudah diambil di utama ada 15 mata kuliah dengan IPK DNU >= 3.00 (tidak boleh ada D) dan sudah direkomendasi dari bagian DNU (Daftar Nilai Utama). Ingat apabila sudah direkomendasi maka tidak diperbolehkan untuk UM lagi karena tidak akan terupdate (sudah dilock)
  3. Untuk Nilai lokal IPK minimal 2.50
  4. Total SKS >= 152 SKS. Pastikan sudah tidak ada mata kuliah yang sama (dobel). Bila ada segera melapor ke Jurusan atau via email daftar sidang. Diperbolehkan nilai D maksimal 4, kecuali mata kuliah MKDU, yaitu: Agama, IBD, ISD, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila minimal harus C
  5. Sudah lulus PI (Penulisan Ilmiah) dan pengurusannya sudah beres sampai ke Perpustakaan. Apabila nilai PI nya belum masuk, segera lapor ke Jurusan TI (tuliskan NPM, Nama dan tanggal sidang) dengan cara meletakkan data tersebut dalam selembar kertas ke meja jurusan di D421 boleh secara kolektif atau secara pribadi. Apabila secara pribadi bisa dikirim via sms di 085693648866 (Sekjur TI – Bu Hurnaningsih).
  6. Sudah mengurus bebas perpustakaan (walaupun tidak pernah pinjam buku). Karena kalau tidak diurus maka saat mendaftar sidang tidak bisa di sent ke bagian sidang sarjana, walaupun persyaratan yang lain sudah saudara penuhi. Bebas perpus ini berbeda dengan saudara mengurus PI di perpus.
  7. Sudah mengikuti kursus dan workshop 1x saja (dan sudah dinyatakan Lulus). Tetapi mulai angkatan 2012 ada penambahan dan perubahan (informasi menyusul)
  8. Sudah mengikuti aptitude test
  9. Bagi yang skripsi:
    - Sudah di acc oleh Dosen Pembimbingnya
    Form acc skripsi* sudah disediakan, dipersilahkan untuk men-download.
    Setelah form acc skripsi diisi, harus di-scan untuk dikirim bersamaan 
      dengan form isian sidang sarjana* (Jangan lupa CD skripsi yang lengkap 
      dalam bentuk word yang sudah diberi label, diletakkan di meja jurusan
      TI (D421) bersamaan dengan saat melapor diri ke bagian sidang sarjana).
      Saat menyerahkan tidak harus ada personil jurusan tetapi cukup
      diletakkan saja di meja jurusan.
  10. Kalau anda sudah merasa memenuhi syarat sidang, Jangan panik kalau di studentsite anda masih ada tanda silang. Biarkan saja nanti akan dibereskan oleh jurusan saat anda mendaftar sidang
*Note:
Form acc skripsi bisa didownload disini:

Form isian sidang sarjana (Khusus untuk jurusan Teknik Informatika) bisa didownload disini (yang halaman terakhir di .doc dibawah ini):

Sedangkan untuk mendaftar sidang sarjana ke Loket Sidang (D41 No.13-16), persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:
  1. Telah mendaftar sidang di Jurusan masing-masing
  2. Input data diri dan upload photo terbaru (hitam putih) di StudentSite (pilih “Rangkuman Nilai”, lalu klik tab “Data Sidang”)
  3. Sudah mengurus bebas keuangan (pertama)
  4. Menyerahkan fotocopyan (bukan yang asli) Surat Pengecekan Uang Kuliah (Surat Bebas Keuangan) setelah diurus yang pertama yang berlaku pada semester berjalan. Di balik surat tersebut, tuliskan dengan lengkap (sesuai urutan):
    a. NPM
    b. Nama Lengkap
    c. Fakultas
    d. Jurusan
    e. Tempat dan Tanggal Lahir
    f. Alamat Lengkap
    g. Kota
    h. Kode Pos
    i. Nomor Telepon (HP)
    j. Alamat e-mail
    k. Foto 2x3 hitam putih 2 lembar (ditempelkan)


Setelah diproses oleh loket daftar sidang, maka pendaftar sidang akan diberikan Surat Jadwal Sidang.



Sebelum daftar sidang diwajibkan untuk me-lock DNU (Daftar Nilai Utama) terlebih dahulu. Bagaimana cara mengurusnya? Caranya, print DNU dari studentsite (Yang nilai utama aja. Nilai lokal dan rangkuman nilai tidak usah diprint). Lalu urus ke loket D41 no 35 dengan membawa: print out DNU tadi dan KRS semester 8 (asli, bukan fotocopyan). Setelah diperoses, nanti di lembar print out DNU akan diberi paraf dan stempel yang bertuliskan “Sudah diberi Rekomendasi” dan KRS semester 8 akan dikembalikan.


Bebas perpustakaan diurus di loket perpustakaan, D31. Jadwal loket perpustakaan kampus D, sebagai berikut:
Senin – Jum’at    : 09.00 – 15.00
Sabtu                  : 09.00 – 12.00
Istirahat:
Senin – Kamis      : 11.30 – 13.00
Jum’at                : 11.30 – 13.30

Yang dibawa cukup KRS Semester 8 saja. Bilang kepada petugasnya kalau mau mengurus bebas perpustakaan. Setelah diperoses, maka salah satu syarat sidang di Studentsite sudah diceklist, yaitu “Sudah mengurus bebas perputakaan” (Pilih “Rangkuman Nilai”, lalu klik tab “Syarat Sidang”).

Sebelum mengurus bebas perpustakaan:

Setelah mengurus bebas perpustakaan:

Bebas keuangan diurus di loket keuangan, D41 no 25-28. Jadwal loket keuangan kampus D, sebagai berikut:
*  Pengecekan uang kuliah:
Senin, Selasa    : 09.30 – 11.30
Rabu, Jum’at   : 09.30 – 11.30 dan 13.30 – 14.30
Kamis               : 13.30 – 14.30
*  Pengembalian uang kuliah:
Selasa              : 13.30 – 14.30

Untuk mengurus bebas keuangan pertama, cukup membawa blangko kuliah dari semester 1 – semester 8. Setelah diproses, nanti akan diberikan “Surat Pengecekan Pembayaran Uang Kuliah” (Surat Bebas Keuangan) yang sudah diisi, diparaf dan distempel di bagian “Petugas Pengecekan I” oleh petugas. Jangan lupa untuk memfotocopy lembar Surat Bebas Keuangan, yang nanti di sebaliknya harus ditulis data diri untuk diserahkan ke loket sidang.

Untuk bebas keuangan kedua, diurusnya setelah sidang sarjana.

Sumber:

7 comments :

Anonymous said...

Uwaaaaah~ Membantu banget!! Terima kasih banyak, ya!! Semoga sukses selalu~

Aisyah said...

Alhamdulillah.. sama2. Aamiin. :)

Unknown said...

Makasih ya icha

elDobleh Corparation said...

makasih kak ,ngebantu banget infonya :v

Aisyah said...

Sama-sama :)

malemsatria.blogspot.com said...

trima kasih kak, sangat membantu saya

Unknown said...

Terima kasih info nya, sangat membantu :)

Post a Comment