Pages

Penulisan Skripsi UG

Sebagian aturan penulisan skripsi sebenarnya sudah ada di SK Skripsi, yaitu menggunakan ukuran kertas A4 dengan jarak 1,5 (satu setengah) spasi. Namun yang lebih lengkapnya, bedasarkan isi dari “Berkas Kegiatan Bimbingan Skripsi.pdf” di staffsite Bu Crispina Pardede adalah sebagai berikut:
  1. Ukuran Kertas: A4
  2. Margin Kiri 4 cm, Atas 4 cm, Kanan 3 cm, Bawah 3 cm.
  3. Spasi 1,5.
  4. Huruf Times New Roman, ukuran 12 pt, Font style Regular.
  5. Istilah dalam bahasa asing dicetak miring.
  6. Judul Bab dicetak di bagian tengah atas halaman menggunakan huruf KAPITAL TEBAL ukuran 14 pt. Contoh: 1. PENDAHULUAN
  7. Judul Sub-Bab dicetak dimulai dari margin kiri menggunakan huruf Judul (Tittle case) Tebal ukuran 12 pt. Contoh: 1.1. Latar Belakang
  8. Judul Sub-Sub-Bab dicetak dimulai dari margin kiri menggunakan huruf Judul (Tittle case) Tebal ukuran 12 pt.
  9. Penulisan butir-butir (items) menggunakan simbol ‘-.’ atau huruf a, b, c, d, … atau angka 1., 2., 3., dst., dimulai dari margin kiri.Contoh:-. Non-Repudiation of Origin,Mjakljdajdaj nklnjkj kajjan kjkjj ….joijoij jnajnpedenaj kk …-. Non-Repudiation of ReceiptPiuwehriwul alsmalskm llskfa ll…..ijsajvnj poiopiuj ksdj ……..
  10. Nomor Halaman Bagian Inti (Bab 1, 2, 3, 4, Daftar Pustaka) : bagi halaman pertama dari setiap bab, nomor halaman diletakkan di bagian tengah bawah. Bagi halaman lainnya, nomor halaman diletakkan di bagian kanan atas halaman. Keduanya menggunakan angka arab 1, 2, 3, dst.
  11. Nomor Halaman Bagian Awal (Halaman judul, Pengesahan, lembar originalitas, dll.) ditulis menggunakan huruf romawi kecil i, ii, iii, iv, dst, dan diletakkan di bagian bawah tengah halaman.
  12. Gambar diberi nomor urut sesuai letaknya dalam bab dan urutannya dalam bab tersebut. Misalnya, gambar ke-4 pada Bab 2 diberi nomor Gambar 2.4. Judul gambar ditulis di bawah gambar menggunakan huruf judul dan diletakkan ditengah-tengah. Penyebutannya di dalam paragraf ditulis nomornya saja, misalnya Gambar 2.4.
  13. Tabel diberi nomor urut sesuai letaknya dalam bab dan urutannya dalam bab tersebut. Misalnya, tabel ke-4 pada Bab 2 diberi nomor Tabel 2.4. Judul tabel ditulis di atas tabel menggunakan huruf judul dan diletakkan ditengah-tengah. Penyebutannya di dalam paragraf ditulis nomornya saja, misalnya Tabel 2.4.
  14. Grafik diberi nomor urut sesuai letaknya dalam bab dan urutannya dalam bab tersebut. Misalnya, Grafik ke-4 pada Bab 2 diberi nomor Grafik 2.4. Judul grafik ditulis di bawah grafik menggunakan huruf judul dan diletakkan ditengah-tengah. Penyebutannya di dalam paragraf ditulis nomornya saja, misalnya Grafik 2.4.
  15. Daftar Pustaka ditulis menggunakan aturan yang ada dalam Panduan Penulisan PI (http://pardede.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2)
Selain dari Bu Crispina Pardede, aturan penulisan skripsi juga ada dari Bu Widi Pratiwi yang berjudul "Pedoman Penulisan Skripsi". Aturannya sama sebenarnya, tapi penjelasannya lebih detail yang dari Bu Widi Pratiwi. Masih ada lagi yang lebih lengkap, yaitu dari file pdf "bab3-tata_cara_penulisan" di elearning UG. Aturan-aturan penulisan skripsi tersebut berlaku untuk semua jurusan di Gunadarma.

Untuk cover, kata pengantar, dan lembar pengesahan dapat didownload dari:

Khusus untuk jurusan Teknik Informatika, sebagian isi dari bagian Kata Pengantar nya adalah sebagai berikut:
“... Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada berbagai pihak, terutama kepada :
  1. Ibu Prof. Dr. Hj. E. S. Margianti, SE., MM., selaku Rektor Universitas Gunadarma.
  2. Bapak Prof. Dr. Ir. Bambang Suryawan, MT, selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma.
  3. Bapak Dr. Ing. Adang Suhendra, SSi., SKom., MSc., selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma.
  4. (Nama dosen pembimbing beserta gelarnya), selaku Dosen Pembimbing yang telah merelakan waktu dan kesibukannya untuk membimbing penulis dalam menyelesaikan penulisan tugas akhir ini.
  5. Bapak Dr. Edi Sukirman, SSi, MM., selaku Kepala Bagian Sidang Ujian Universitas Gunadarma.
...”

Tapi perlu diperhatikan, apakah masih sama yang menjabatnya dan gelarnya. Waktu saya menyusun skripsi, merekalah yang menempati masing-masing jabatan dengan masing-masing gelar tersebut.

Skripsi-skripsi senior juga bisa dijadikan sebagai contoh penulisannya. Hal ini dapat dilihat di UG Library Epaper. Untuk bisa login, gunakan username dan password studentsite.

Setelah login, pilih “Advanced Search”:

Pilih “SKRIPSI” pada “Paper Type”. Isi “Supervisor” dengan nama dosen pembimbing, jika ingin tahu skripsi-skripsi senior yang dibimbing beliau. Pilih “Faculty” yang sesuai fakultas masing-masing. Bila hanya mengisi “Paper Type” dengan “SKRIPSI” saja juga tidak masalah, UG Library Epaper tetap menampilkan semua skripsi dari semua fakultas dan semua dosen pembimbing.

Klik button “Search Collection”, maka akan tampil skripsi-skripsi senior. Pilih salah satu skripsi yang ingin ditampilkan, setelah itu akan tampil bagian-bagian isi skripsinya. Klik salah satu icon di kolom “Lihat”, untuk membuka masing-masing bagian isi skripsi.

Sumber:

1 comments :

Unknown said...

Terima kasih ^^,

Post a Comment