Pages

Beralih Ke OS Windows 7, Printer Canon Pixma iP1600 Tidak Bisa Langsung Diinstal

Seteleh beberapa tahun berkecimpung dengan Windows XP, lama kelamaan saya penasaran juga dengan versi Windows yang lainnya. Dari pengalaman saya, benar-benar saya akui kalau Windows XP merupakan sistem operasi yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Namun saya tetap ingin mencari tahu pula kelebihan versi Windows yang lainnya. Setelah mencari tahu, informasi yang saya dapatkan dari beberapa referensi, kelebihan beberapa versi Windows lainnya bila dibandingkan dengan Windows XP diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan Windows 7 dibanding Windows XP, diantaranya:
1. Menemukan File Dengan Cepat
Untuk menemukan file tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya tinggal klik pada menu start dan ketik di dalam kotak pencarian apa saja yang akan dicari. Setelah terbuka, pilih file atau folder apa yang ingin dicari dan dengan cepat akan terwujud.

2. Melihat Seluruh Jendela Dengan Mudah
Pada saat banyak jendela terbuka, kadang kita bingung nama atau isinya. Windows 7 membantu anda menengoknya dengan mudah dengan hanya mengintip dari taskbar. Caranya dengan melayang-layankan kursor di atas ikon dari jendela terbuka. Kemudian akan terlihat nama ikon dan program tersebut. Layangkan lagi di atas preview untuk melihat keseluruhan layar. Klik untuk menghubungkannya dengan jendela yang ingin dilihat.

3. Melihat Desktop Dikala Terdapat Banyak Jendela yang Aktif
Sering kali kita harus menutup jendela satu per satu untuk melihat desktop. Fitur Aero Peek membantu untuk melihat desktop tanpa menyentuh jendela. Caranya dengan melayangkan kursor di atas kotak bujur sangkar pada pojok kanan bawah. Klik di atas untuk memperkecil seluruh jendela yang terbuka. Ketika layar desktop terbuka, klik lagi untuk menampilkan kembali.
 

4. Mencari Apa yang Diinginkan Dengan Sangat Mudah
Jump List pada Windows 7 membantu untuk mencari file, lagu, gambar, atau dokumen lainnya dalam desktop secara cepat. Hal ini dapat mengurangi waktu terbuang dalam menemukan dokumen yang kemarin dioperasikan.

5. Membandingkan 2 Jendela Satu Sama Lain
Fitur Snap membantu kita melihat kembali jendela dengan lebih baik dan memudahkan membandingkan 2 dokumen satu sama lain. Carannya dengan menarik jendela ke satu sisi dari layar. Ketika pointer mouse ke sisi lain, jendela akan snap setengah dari layar. Untuk memperluasnya secara vertical, tarik border ke pinggir layar. Ketika pointer mouse di pinggir, jendela akan snap ke vertical penuh.

6. Satu Klik Dapat Semua
Dengan fitur pin, dapat mengakses taskbar dengan satu klik. Layangkan kursor di atas program favorit dan tarik ke taskbar. Atau klik kanan di atasnya dan pilih “pin” di Taskbar. Ikon program akan menjadi pin. Untuk membukanya, klik pada ikon Taskbar. 

7. Set-up Nirkabel Dengan Mudah
Dengan Windows 7 set-up nirkabel jauh lebih mudah, sehingga dapat menambahkan yang lain, termasuk jaringan printer dan digital media player. Caranya dengan meluncurkan wizard “Add a Device” lalu ketik lokasi pin pada perangkat bergerak.

8. Personalisasi Komputer Anda
Dengan Windows 7, tidak terlalu sulit untuk membuat komputer lebih personal. Caranya dengan klik kanan pada desktop kemudian klik personalize untuk memilih dari banyak tema yang menarik atau putar belakang desktop ke dalam slide show foto favorite. Klik Gadgets untuk menambahkan informasi yang sering dibutuhkan pada desktop. 

Kelebihan Windows Vista dibanding Windows XP:
1. Tampilan grafis lebih menarik
2. Pengalaman baru menjelajah PC dengan model 3D yang canggih berkat AERO
3. Lebih aman, mudah dalam akses
4. Video dapat menjadi wallpaper
5. Lebih cepat dalam menjalankan program (bila menggunakan memori besar karena system di vista dimutakhirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi)
6. Mendukung partisi harddisk secara virtualisasi
7. Banyak feature baru yang tidak ada di XP
8. Perbaikan dan penambahan feature yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
9. Built-in Support Option yang memberika keleluasaan lebih kepada user
10. Mode pencarian file yang lebih mudah / live search
11. Security lebih baik.

Yang saya bandingkan memang hanya kelebihan dari Windows 7 dan Windows Vista dengan Windows XP. Diantara kelebihan-kelebihan tersebut, saya lebih cendrung ke Windows 7, akhirnya saya mencoba Windows 7.

Di hari berikutnya, saya menginstal software-software yang saya butuhkan. Ketika mengistal printer driver Canon Pixma iP1600 di Windows 7, ternyata tidak bisa, muncul pesan (bila diterjemahkan) “versi windows tidak mendukung”. Saya langsung kecewa. Kemudian saya berusaha googling untuk mencari tahu. Ternyata Windows 7 memiliki salah satu kekurangan yaitu tidak semua aplikasi bisa beroperasi di Windows 7. Saya menyesal, karena sebelumnya tidak mempertimbangkan kekurangannya.

 
Pada suatu forum, akhirnya saya mendapat informasi bahwa “Bagi pengguna Printer Canon iP 1600 terkadang bermasalah dengan Windows 7, yaitu printer tidak bisa terdektesi karena Windows 7 tidak memiliki driver perangkat tersebut”. Namun, di bawah kalimat tersebut terdapat solusinya (Langkah dari solusi tersebut akan saya posting di tulisan berikutnya (http://aybloog.blogspot.com/2012/04/cara-memasang-install-printer-driver.html)). Kemudian saya mencoba solusi tersebut. Alhamdulillah berhasil, akhirnya printer Canon Pixma iP1600 saya, bisa diinstal di Windows 7. Lalu saya coba untuk nge-print. Hasilnya, alhamdulillah printer tersebut bisa digunakan untuk nge-print dalam OS Windows 7.

Referensi:

0 comments :

Post a Comment