Pages

Cara Memasang (Install) Printer Driver Canon Pixma iP1600 di Windows 7

Pada postingan sebelumnya, saya sudah menceritakan pengalaman saya ketika menginstal  printer driver Canon Pixma iP1600 dalam OS Windows 7. Bila saya mencoba menginstal langsung isi dari CD installer  printer tersebut, terdapat pesan yang maknanya bahwa versi windows tidak mendukung penginstalan driver  printer tersebut.

Kemudian saya berusaha mencari informasi tentang cara menginstal  printer Canon Pixma iP1600 di Windows 7. Beberapa kali saya mencoba untuk mendownload driver printer tersebut yang saya temukan secara online. Namun ketika saya coba instal, ternyata tidak memberi efek apapun dan  printer saya tetap tidak bisa digunakan untuk nge-print. Kemudian saya uninstal lagi aplikasi  printer driver tersebut.

Setelah mencoba terus untuk mencari tahu dengan mengganti-ganti kata kunci di google, akhirnya saya menemukan solusinya dari suatu forum. Dari forum tersebut, memang dikatakan bahwa “...Canon iP 1600 terkadang bermasalah dengan Windows 7, yaitu  printer tidak bisa terdektesi karena Windows 7 tidak memiliki driver perangkat tersebut”, lalu diberikan cara untuk mengatasinya. Jadi bagi pengguna  printer Canon Pixma iP1600 tidak usah khawatir lagi, bila ingin memasang  printer driver tersebut dalam OS Windows 7, solusinya adalah dengan Windows Update. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah-langkah Memasang (Install)  printer Driver Canon Pixma iP1600 di Windows 7:
1. Nyakan printer (printer dalam keadaan on)
2. Hubungkan port USB printer ke notebook
3. Buka Control Panel, lalu klik System and Security

4. Selanjutnya pilih dan klik Windows Update

5. Maka akan tampil Windows Update sebagai berikut. Pada tampilan tersebut, klik Check for updates, maka Windows Update akan secara otomatis mendektesi dan memberikan Driver Update yang dibutuhkan sistem operasi dalam notebook.
 
6. Setelah selesai dideteksi, maka akan tampil informasi yang menampilkan important updates dan optional updates. Printer driver Canon iP600 terdapat pada optional updates. Maka, klik optional updates, lalu cari Canon iP600, lalu cheklist Canon iP600 tersebut. Bila ada yang ingin di-update lagi, chekclist juga pilihan yang lain. Seletah itu klik Install updates.

7. Maka Windows akan memproses download dan install printer driver tersebut. Bila telah selesai, berikut tampilannya.

8. Setelah selesai, restart notebook atau PC, untuk memberikan efek dari sistem kerja Driver Update tersebut agar berfungsi dengan baik.

Untuk mengecek keberadaan hardware printer tersebut, pada tampilan Windows Update yang telah berhasil meng-update klik View update history, maka akan muncul daftar driver yang telah berhasil diupdate.
 

Selanjutnya, lihat di Control Panel bagian Hardware and Sound > Devices and Printers, maka akan tampil printer Canon Inkjet iP1600. Kini printer Canon Pixma iP1600 siap untuk bekerja kembali dalam OS Windows 7.

Referensi:

7 komentar :

Nur Kholis mengatakan...

Sangat Membantu infonya,, thanks..

Aisyah mengatakan...

alhamdulillah,, sama-sama :)

Renardi Adryan mengatakan...

gan waktu ane buka print properties

kok Tab effect nya hilang.....

need help?

pixma software mengatakan...

sangat menarik infonya..
blog agan dah q follow di followback ya di http://pixmasoftware.blogspot.com/
trims....

E N N O mengatakan...

infonya bermanfaat and trust me, it works. (: thx you.

Aisyah mengatakan...

@Renardi Adryan : Wah mohon maaf ya, saya ga tau kok bisa tab effect nya hilang. Atau dicoba utk diinstall ulg lg aja.

@pixma software : Alhamdulillah. Sipp, udh saya follow jg blog http://pixmasoftware.blogspot.com/

@E N N O : Alhamdulillah. Sama-sama :)

Chalarce Totanan mengatakan...

horeeee.... saya berhasil
trims banget.....

Poskan Komentar