Pages

Membuka Jendela Ogre

Untuk membuka jendela Ogre, harus membuat project C++ terlebih dahulu. Buka eclipse, lalu klik File, pilih New, pilih C++ Project.



Maka akan tampil kotak C++ Project. Isi nama project. Kemudian pada kotak Project types, pilih folder Executable, pilih Empty Project. Pada Toolchain pilih MinGW GCC. Lalu klik Next>.

 

Berikutnya, tampil kotak Select Configuration. Pilih kedua build configurations, Debug dan Release (keduanya diceklist). Lalu klik Finish.

 

Langkah berikutnya, klik kanan pada nama project C++ yang baru dibuat tadi, lalu klik Properties.


 

Arahkan kebagian C/C++ Build -> Settings, klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.


Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table dibawah ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release. 




Masih pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.




Untuk memasukkan code pada Ogre, klik kanan pada nama project lalu pilih New -> Source File. Beri nama source file. Karena pada Ogre menggunakan bahasa pemrograman C++, maka extensi source file harus diberi .cpp . Lalu klik Finish.

 

Masukkan source kode berikut, lalu build.
#include "ExampleApplication.h"

class BelajarOgre : public ExampleApplication {
public:
       BelajarOgre(){

       }

       ~BelajarOgre(){

       }
protected:
       void createScene(void){
       //mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen
       mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));
       //Entity ad objek yg bs dirender discene
       Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity("Robot","robot.mesh");
      
            
SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode");

       //attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot
       node1->attachObject(ent1);
       }
};

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#include "windows.h"

INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)
#else
int main(int argc, char **argv)
#endif
{
       //bikin objek aplikasi
       BelajarOgre app;
       try {
             app.go();
       } catch (Exception e) {
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
             MessageBox(NULL,e.what(),"Terjadi Error!",MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);
#else
             fprintf(stderr,"Terjadi Error = %s\n",e.what());
#endif
       }
       return 0;
}


Buka direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg maka isinya sbb :
# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=../../../Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=../../../Media
FileSystem=../../../Media/fonts
FileSystem=../../../Media/materials/programs
FileSystem=../../../Media/materials/scripts
FileSystem=../../../Media/materials/textures
FileSystem=../../../Media/models
FileSystem=../../../Media/overlays
FileSystem=../../../Media/particle
FileSystem=../../../Media/gui
FileSystem=../../../Media/DeferredShadingMedia
Zip=../../../Media/packs/cubemap.zip
Zip=../../../Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=../../../Media/packs/dragon.zip
Zip=../../../Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=../../../Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=../../../Media/packs/skybox.zip 

Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK anda dalam hal ini isi resource.cfg menjadi :
# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\fonts
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\programs
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\scripts
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\textures
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\models
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\overlays
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\particle
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\gui
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\DeferredShadingMedia
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemap.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemapsJS.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\dragon.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\fresneldemo.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\ogretestmap.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\skybox.zip

Save file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project direkori nama_workspace\nama_project\Release. Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe maka akan muncul dialog seperti ini:

 

Pilih Direct3D9 Rendering Subsystem, lalu klik OK. Selanjutnya akan tampil layar Ogre dengan sebuah objek, seperti gambar berikut.

0 comments :

Post a Comment